Adib Boer Farm

Penyebab Dan Obat Penyakit PMK Pada Kerbau

Ap aitu PMK? PMK sendiri adalah singkatan dari penyakit mulut dan kuku. Penyakit ini sendiri menyerang serta menularkan pada beberapa hewan seperti sapi. Dampak dari penyakit ini bahkan sampai menyebabkan kematian. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengatasi penyakit PMK dan apa obat penyakit PMK pada kerbau?

Mengenal PMK dan Gejalanya

Bukan hanya kerbau saja yang bisa mengalami penyakit PMK ini melainkan juga sapi dan beberapa hewan ternak yang lainnya. Gejala yang biasanya timbul mulai dari demam tinggi 39 – 41 derajat. Kemudian adanya pembengkakan kelenjar pada daerah rahang bawah, adanya luka di sekitar mulut, moncong gusi, kuku sampai dengan payudara.

Produksi air liur yang tinggi dan kesulitan menelan makanan juga menjadi gejala penyakit ini sendiri. Tentunya jika hewan ternak Anda sudah memiliki beberapa gejala di atas, maka segeralah lakukan penanganan dengan maksimal agar nantinya tidak akan timbul gejala lain yang lebih beresiko bahkan bisa jadi berujung dengan kematian.

Apa Sajakah Obat Penyakit PMK?

Perlu dipahami bahwa saat ini ketersediaan obat-obat penyakit khususnya PMK pada beberapa hewan seperti pada kerbau dan sapi, maka beberapa orang sering menggunakan cara alternatif yang bisa mengatasi penyakitnya. Untuk mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami pastinya. Bahan-bahan ini nantinya akan dibuat dengan menggunakan berbagai tumbuhan atau ramuan herbal.

Apa sajakah obat penyakit PMK pada kerbau dengan bahan atau ramuan alami? Bahan yang digunakan adalah sodium bicarbonate atau soda kue yang akan dijadikan untuk membersihkan luka pada sekitar bibir, lidah maupun kuku. Bahan lain yang bisa digunakan adalah bawang putih, kunyit, daun kemangi, daun nimba, madu dan lainnya. Manfaatnya dijadikan sebagai antiseptic untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Bahan lain untuk membuat obat penyakit PMK pada kerbau adalah gula tetes. Fungsi dari gula tetes ini sendiri untuk mengembalikan energi hewan ternak. Adapun daun salam yang bisa digunakan untuk mengatasi radang pada bagian kaki dan mulut. Bahkan daun rambutan juga bermanfaat untuk mengurangi demam atau panas pada hewan ternak.

Adanya penyakit PMK ini sendiri akan sangat merugikan bagi beberapa pemilik hewan ternak baik kambing, sapi, kerbau dan lainnya.

Jadi, jangan lupa juga untuk rutin dalam memberikan vaksin pada hewan ternak Anda baik kerbau maupun pemberian vaksin LSD Sapi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dari kendang hewan ternak yang Anda miliki untuk meminimalisir terjadinya beberapa penyakit berbahaya termasuk penyakit PMK itu sendiri.

Dampak dari penyakit ini sendiri mengharuskan hewan ternak dilakukan isolasi atau inkubasi selama 14 hari dan lanjut pada masa pemulihan yang akan disesuaikan dengan kondisi si hewan ternak itu sendiri.