Adib Boer Farm

Obat Penyakit PMK Pada Sapi Herbal

PMK merupakan singkatan dari penyakit kuku dan mulut. Penyakit ini bisa menular dan menyerang pada beberapa hewan ternak contohnya sapi. Tidak jarang juga Penyakit ini menyebabkan terjadinya kematian. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi gangguan PMK? Pada dasarnya ada obat penyakit PMK pada sapi.

Gejala PMK pada Sapi

Pada dasarnya hewan sapi dan ternak pada PMK mengalami beberapa gejala yang bisa dideteksi sejak dini. Ciri-cirinya yang terjadi pada hewan ternak sapi adalah mengalami demam mencapai 41 derajat Celcius dan disertai dengan terjadinya pembengkakan pada bagian kelenjar khususnya di daerah mandibula atau rahang bawah.

Ini juga disertai dengan luka yang berada di sekitar bagian mulut, gusi dan juga moncong serta kuku. Produksi air liurnya juga semakin tinggi dan meningkat sehingga akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Ada beberapa sapi juga akan mengalami kesulitan saat bernafas dan menyebabkan luka pada kuku ternak terlepas.

Pertolongan Pertama pada PMK Sapi

Apabila ternak mengalami berbagai macam gejala PMK maka harus segera dilakukan karantina dan dilakukan penyemprotan kandang menggunakan disinfektan. Hewan sapi tersebut harus dilakukan penanganan khusus yaitu berupa konsumsi berbagai macam vitamin serta obat-obatan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi PMK secara tepat dengan pemberian antibiotik dan vitamin.

Akan tetapi saat ini ketersediaan obat penyakit PMK pada sapi terbatas sehingga Anda memerlukan obat-obat alternatif atau herbal. Berbagai macam ramuan herbal tersebut bisa diolah sendiri dan menimbulkan efek yang tidak berbahaya karena terbuat dari bahan tumbuhan.

Tumbuh-tumbuhan bisa diolah menjadi berbagai macam obat tradisional sebagai salah satu pengobatan alternatif untuk luka PMK pada sapi. Ini terdiri dari sodium bikarbonat yang mana dijadikan sebagai pembersih luka di sekitar bibir, lidah dan juga kuku.

Berbagai macam bahan tersebut dipakai untuk membuat ramuan herbal yang mudah diaplikasikan dan praktis yang mana disukai oleh sapi. Bahan yang digunakan untuk membuat ramuan berupa gula teteh untuk mengembalikan energi pada sapi. Kemudian di dalamnya juga terdapat daun salam yang mana bisa digunakan untuk mengatasi radang pada kaki dan mulut.

Daun rambutan yang terkandung di dalam obat-obatan herbal tersebut juga bisa membantu menurunkan panas. Ini juga membantu dalam pencernaan karena di dalamnya terdapat kandungan bakteri lactobacillus yang dicampur dengan ragi dan fermentasi selamat 4 hari lamanya.

Mengenai dosis pemberian obat penyakit PMKpada sapi tersebut bisa digunakan sebanyak setengah gelas dan diminumkan pada saat pagi maupun sore. Sapi yang terjadi PMK biasanya juga akan mengalami panas tinggi setelah itu akan mereda apabila mengkonsumsi ramuan tersebut. Bisa dibilang ini bisa dijadikan sebagai obat penurun panas.

Hewan sapi menjadi salah satu jenis ternak yang banyak dicari khususnya pada saat kurban sekarang. Anda bisa memilih sapi yang sehat di tempat jual domba qurban Bogor yang mana menyediakan hewan ternak yang berkualitas dan jauh dari penyakit PMK.