Adib Boer Farm

Obat Penyakit Mulut Dan Kaki Pada Sapi Terbaik Saat Ini

Salah satu hal yang membuat rasa khawatir terhadap hewan ternak adalah gangguan penyakit mulut dan kuku atau yang disebut juga dengan PMK. Gangguan penyakit ini biasanya menyerang pada sapi. Tetapi saat ini terdapat banyak sekali obat penyakit mulut dan kaki pada sapi. Ini akan membantu dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan tersebut.

Mengenal Penyakit Mulut dan Kuku  pada Sapi

Pada dasarnya penyakit mulut dan kuku atau PMK pada sapi dikenal dengan Foot and Mount Disease. Ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus tipe a berasal dari keluarga Picornaviridae. Virus ini dapat bertahan lama pada lingkungan dan bertahan hidup di tulang, kelenjar susu serta produksi ASI pada hewan.

Tingkat angka kesakitannya bisa mencapai 100% dan bisa menyebabkan tingkat kematian pada sapi menjadi tinggi. Jika dibiarkan ini akan  bisa menular pada manusia dan bisa menyebabkan gangguan penyakit.  Ini karena tingkat juga cukup tinggi  mencapai 1-5 persen. Dengan begitu jika anda menemukan hewan ternak yang memiliki ciri-ciri seperti lesu, kaki pincang dan mengeluarkan air liur berlebihan maka itu bisa menjadi salah satu indikasi bahwa terkena virus tersebut.

Obat PMK pada Sapi

Pada dasarnya obat penyakit mulut dan kaki pada sapi ini sudah ditemukan. Ini  menggunakan antibiotik, antipiretik, dan juga vitamin sebagai salah satu penanganan utama. Akan tetapi berbagai macam obat-obat tersebut saat ini cukup terbatas sehingga diperlukan pengobatan alternatif lainnya untuk mempercepat kesembuhan.

Obat sapi PMK bisa digunakan obat herbal. Obat ini memiliki sifat alami yang mana terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang diolah secara tradisional sebagai salah satu pengobatan alternatif. Ini bisa digunakan lebih aman dibandingkan lainnya karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Di dalam obat-obatan PMK tersebut biasanya terdiri dari sodium karbonat atau disebut juga dengan Koda kue yang mana dijadikan sebagai salah satu zat untuk membersihkan luka di area bibir dan mudah pada sapi. Di dalamnya juga terdapat kandungan bawang putih, kemangi dan juga kunyit yang mana berguna untuk antiseptik dan mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka.

Pengobatan serta pengendalian ternak di tengah wabah PMK sapi saat ini bisa dilakukan dengan berbagai macam metode alternatif. Salah satunya adalah melakukan pemotongan jaringan tubuh hewan yang sudah terinfeksi misalnya saja kaki dan kemudian diterapi dengan menggunakan chloramphenocol atau disebut juga dengan larutan cupri sulfat.

Ini juga bisa dilakukan dengan cara melakukan injeksi intravena preparat pada hewan sapi yang kemudian hewan tersebut harus dikarantina dan dipisahkan dengan hewan lainnya supaya tidak menular. Itu juga akan diberikan berbagai obat penyakit ‘ dan kaki pada sapi.

Idul Adha akan segera datang. Di tengah wabahnya virus PMK pada sapi membuat semua orang merasa khawatir untuk membeli hewan kurban saat ini. Akan tetapi anda bisa membeli hewan sapi yang sehat di domba qurban Bogor. Tempat ini menyediakan banyak sekali hewan kurban yang berkualitas dan dijamin bebas dari virus PMK